Saturday, November 23, 2013

Teknologi Wireless












Wireless merupakan teknologi tanpa kabel, yaitu teknologi untuk melakukan telekomunikasi dengan menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai media perantara pengganti kabel.



Sejarah Perkembangan Teknologi Wireless :
  1. Sejarah Wireless Teknologi 1G
    Wireless berteknologi 1G dimulai pada tahun 1970-an, dimana sistem telekomunikasi analog, atau lebih dikenal sebagai Advanced Mobile Phone Service (amps) telah diperkenalkan oleh AT & T. Amps pada saat itu hanya mampu menawarkan kecepatan 2.4 kbps, di mana kecepatan tersebut hanya mampu memancarkan informasi suara dengan menggunakan sinyal analog.

  2. Sejarah Jaringan Wireless Teknologi 2G
    Wireless berteknologi 2G diperkenalkan pada akhir 1980-an dengan kecepatan hingga 64 kbps, 2G memanfaatkan teknologi seperti pengiriman paket data untuk meningkatkan kualitas suara dan juga kapasitas jaringan, sehingga memungkinkan lebih banyak pengguna untuk membuat panggilan telepon pada satu slot waktu yang sama.  Pada tahun 2000 sebuah jaringan inti berbasis sirkuit berpaket (packet switched) diperkenalkan ke dalam inti jaringan GSM. Ini dikenal sebagai General Packet Radio Service (GPRS), atau dikenal sebagai teknologi evolusi 2.5G. 

  3. Sejarah Jaringan Wireless Teknologi 3G
    Sekitar tahun 2001- 2003, EVDO pada CDMA dan UMTS pada GSM merupakan tonggak sejarah wireless dengan teknologi 3G. Pada tahun 1998, teknologi Universal Mobile Telecommunications System (UMTS) mulai  dikanalkan sebagai evolusi dari GSM dengan kecepatan download hingga 384 kbit/s. Menyempurnakan jaringan UMTS, muncul High-Speed ​​Packet Access (HSPA) yang mampu menawarkan kecepatan download sampai 14 Mbps. Pada tahun 2009, jaringan evolusi ke HSPA menjadi Evolved HSPA (HSPA +) atau lebih dikenal sebagai 3.75G dapat menawarkan tingkat download secepat 56 Mbit/s ke pengguna.

  4. Sejarah Jaringan Wireless Teknologi 4G
    Pada tahun 2009, organisasi ITU-R menentukan persyaratan IMT-Advanced untuk standar 4G, kecepatan akses 100 mbps pada untuk akses internet bergerak dan 1 Gbps untuk pengguna stasioner. Selain itu, dengan Internet 4G, akan mendapatkan fasilitas roaming di seluruh dunia di sejumlah jaringan dan dapat menikmati fleksibilitas bandwidth sampai batas 40 megahertz ditambahkan dengan video chat, Internet TV dan video conferencing dengan konektivitas tak terputus. Pada tanggal 6 Desember 2010, ITU-R mengakui bahwa versi terbaru dari LTE dan WiMAX memenuhi persyaratan “IMT-Advanced sebagai pelopor teknologi 4G.
Jenis- jenis dari jaringan nierkabel yaitu sebagai berikut :
  • Wireless Wide Area Network ( WWAN)
    Wireless Wide Area Network (WWAN) Merupakan jenis jaringan nierkabel yang mencakup daerah yang luas seperti kota atau negara. Penggunaan WWAN ini melalui beberapa satelit atau antena .

  • Wireless Local Area Network (WLAN)
    Wireless Local Area Network ( WLAN) merupakan teknologi nerkabel yang mencakup satu area yang sifatnya local, seperti dalam satu gedung.

  • Wireless Personal Area Nework (WPAN)
    Wireless Personal Area Network (WPAN) merupakan teknologi jaringan nierkabel hanya dapat menjangkau area yang dekat. Contohnya Bluetooth dan infrared.

Sumber : Jaringan Komputer by Wiharsono Kurniawan
Iqbal Hamdani Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

No comments:

Post a Comment

Followers