Monday, October 6, 2014

Desain Pemodelan Grafik












Tugas Softskill II

Nama : Muhammad Iqbal Hamdani
NPM : 58412194
Kelas : 3IA25

Apa itu Desain ?

Desain merupakan perencanaan dalam pembuatan sebuah objek, sistem, komponen atau struktur. Sedangkan dalam arti yang lebih luas, desain merupakan seni terapan dan rekayasa yang berintegrasi dengan teknologi. 


Apa itu Pemodelan Grafik ?

Pemodelan Grafik adalah proses terbentuknya gambar 3D yang dimulai dari grafik primitif yaitu titik, garis, kemudian menjadi gambar 2D, dan bila gambar 2D itu saling dipadukan maka akan terbentuklah suatu gambar 3D.


Apa itu Desain Pemodelan Grafik ?

Desain pemodelan grafik merupakan segala sesuatu mengenai pengolahan gambar yang dikerjakan pada komputer berupa pemotongan gambar, rotasi, dilatasi, translasi dan lain-lain.


Sejarah Perkembangan Desain Pemodelan Grafik

Awal tahun 60-an dimulainya model animasi dengan menampilkan simulasi efek fisik. 1961 Edward Zajac menyajikan suatu model simulasi satelit dengan menggunakan teknologi Grafik Komputer. 1963 Alat untuk menampilkan Calligraphic (vector),Mouse oleh Douglas Englebert. 1972 ditayangkannya filmWestworld, sebagai film pertama yang menggunakan animasi computer. 1976 Jim Blinn mengembangkan texture dan bump mapping. 1977 Film terkenal Star Wars menggunakan grafik computer.

Pada tahun 1982 Pengembangan teknologi grafik komputer untuk menampilkan partikel. 1995 Diproduksi fillm Toy Story (Pixar dan Disney) sebagai film 3D animasi panjang pertama. Akhir tahun 90-an, ditemukannya teknologi visualisasi interaktif untuk ilmu pengetahuan dan kedokteran, artistic rendering, image based rendering, path tracing, photon maps, dll. Tahun 2000 ditemukannya teknologi perangkat keras untuk real-time photorealistic rendering.


Unsur dan Prinsip Desain Pemodelan Grafik

Unsur dalam desain grafis sama seperti unsur dasar dalam disiplin desain lainnya. Unsur-unsur tersebut (termasuk shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna) membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual. Prinsip-prinsip tersebut, seperti keseimbangan (balance), ritme (rhythm), tekanan (emphasis), proporsi (“proportion”) dan kesatuan (unity), kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas.


Peralatan Desain Pemodelan Grafis

Peralatan yang digunakan oleh desainer grafis adalah ide, akal, mata, tangan, alat gambar tangan, dan komputer. Sebuah konsep atau ide biasanya tidak dianggap sebagai sebuah desain sebelum direalisasikan atau dinyatakan dalam bentuk visual.


Desain 2D & 3D
  • Grafik komputer 2D merupakan bentuk dari benda yang memiliki panjang dan lebar. Grafik 2 Dimensi menggunakan teknik penggambaran dimana memiliki patokan titik koordinat sumbu x (datar) dan sumbu y (tegak)

  • Grafik komputer 3D merupakan bentuk dari benda yang memiliki panjang, lebar, dan tinggi. perbedaan dengan grafik 2D pada pemodelan 3D memiliki 3 titik kordinat yakni titik x, y, dan z.

Software pendukung desain grafik
  • Software publising/cetak
    1. Adobe Photoshop 
    2. Adobe Illustrator Macromedia 
    3. Adobe in Design 
    4. Freehand/Corel Draw 
  • Dimensi / Animasi
    1. 3D Studio Max 
    2. Auto Cad 
    3. Blender 
  • Web design
    1. Macromedia Dreamwaver 
    2. Adobe Flash 
  • Audio Visual
    1. Adobe After Effect 
    2. Adobe Premier


Sumber :
http://sarapanmatahari.wordpress.com/2010/06/07/pengertian-desain/
http://andhiragumay.wordpress.com/2011/10/07/artikel-desain-pemodelan-grafik/
http://fajar-muharam.blogspot.com/2014/01/sejarah-desain-pemodelan-grafik.html
http://nurulapriyanii.wordpress.com/2013/01/13/desain-pemodelan-grafik/
http://upamy.blogspot.com/2010/02/disain-pemodelan-grafik.html
http://jempoluburubur.blogspot.com/2011/10/pemodelan-grafik-2d-dan-3d.html
Iqbal Hamdani Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

No comments:

Post a Comment

Followers