Monday, June 30, 2014

Web Science
















Web Science yaitu segala sesuatu yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan yang diperoleh dari sumber yang akurat dan dapat di unduh dari dunia maya.

Pre Web 
Pre-web adalah era dimana prototype seperti memex, usenet, gopher dan ftp muncul sebelum kemudian berevolusi menjadi internet.
  • The Memex (Memory Index) Memiliki konsep sebagai perangkat dimana individu akan mengkompres dan menyimpan semua buku-buku mereka, catatan, dan komunikasi, sehingga dapat berkonsultasi dengan lebih cepat dan fleksibel.

  • HyperText adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan formating hypertext sederhana agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi.

  • Internet (interconnection-networking) adalah sistem global dari seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar (TCP/IP) untuk melayani miliaran pengguna di seluruh dunia.

  • Usenet (User Network) Merupakan salah satu jaringan tertua internet. Tujuannya adalah untuk bertukar pesan teks (text message) di antara node (komputer yang terhubung pada jaringan)

  • FTP (File Transfer Protocol) Merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan (download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP.

  • Gopher adalah protokol layer aplikasi TCP/IP yang dirancang untuk distribusi, pencarian, dan pengambilan dokumen melalui Internet. 

Perbedaan Web 1.0, 2.0, dan 3.0


Pertumbuhan Sosial dan Ekonomi
Pada era globalisasi seperti sekarang internet juga ikut berperan penting dalam pertumbuhan sosial dan ekonomi. Dalam bidang sosial misalnya, dahulu orang menggunakan surat untuk bertukar informasi dan sekarang dengan adanya internet kita dapat dengan bertukar informasi melalui media sosial dan lain sebagainya secara cepat.

Sedangkan dalam bidang ekonomi, dengan adanya internet kita dapat lebih mudah bertransaksi. Dulu untuk membeli suatu barang kita harus langsung pergi ke toko tersebut, tapi sekarang kita bisa melihat catalog dan harga barang di internet, membayarnya melalui kartu kredit dan barang pun langsung sampai ke rumah kita, tanpa harus pergi ke toko tersebut.

Web Science dan Metodologi Web Science
Web Science berarti cara atau metode yang digunakan untuk membantu menyelesaikan masalah yang timbul. Berawal dari masalah yang timbul di kalangan masyarakat sehingga dapat memunculkan berbagai ide manusia yang tentunya dapat memberikan manfaat. Ide yang didapat kemudian dapat direalisasikan dalam bentuk teknologi yang kita ciptakan atau dengan mengembangkan teknologi yang sudah ada sebelumnya.

Metodologi Web Science merupakan kajian terhadap web Science dengan melakukan perubahan dan pengembangan terhadap web sciencenya, agar data yang ada tetap akurat dan baru.


Arsitektur Web dan Aplikasi











Arsitektur Web adalah sebuah bentuk perancangan dan pendesainan dari arsitektur itu sendiri, dimana ia melibatkan teknis, kriteria estetis dan fungsional. Dan aplikasi adalah suatu perangkat lunak komputer yang memanfaatkan kemampuan komputer langsung untuk melakukan suatu tugas yang diinginkan pengguna.

Istilah Istilah dalam Web
  • HTTP (Hypertext Transfer Protocol) adalah sebuah protokol jaringan lapisan aplikasi yang digunakan untuk sistem informasi terdistribusi, kolaboratif, dan menggunakan hipermedia. 

  • HTML (HyperText Markup Language) adalah sebuah bahasa markup atau seperangkat tag markup yang digunakan untuk menjelaskan halaman web . 

  • Internet adalah sebuah jaringan komputer yang terdiri dari berbagai macam ukuran dan jenis jaringan komputer di seluruh dunia. Jaringan-jaringan komputer ini saling berhubungan dan berkomunikasi satu sama lain melalui bantuan telepon dan satelit.

  • Web Server adalah sebuah perangkat lunak server yang berfungsi menerima permintaan HTTP atau HTTPS dari klien/user yang dikenal dengan browser web dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML.

  • Browser Transaction adalah software atau program yang digunakan untuk menjelajah internet dan untuk transaksi bisnis rutin.

  • User adalah seseorang yang menggunakan atau menjalankan system sesuai kebijakan penggunaan. 

Macam Macam Web
  • Generate Content yaitu konten yang dihasilkan dari user atau penggunanya sendiri. Pemilik situs hanya membuat perbaikan atau perubahan yang dianggap perlu. Sementara update informasi dan segala interaksi di dalam situs tersebut berasal dari para penggunanya.

  • Blogs adalah situs web yang berisi tulisan, artikel atau informasi bermanfaat yang di update secara teratur dan dapat diakses secara online baik untuk umum maupun pribadi.

  • Wikis adalah sebuah situs web yang memperbolehkan penggunanya menambah atau mengubah isi situs tersebut. 

  • Social Network adalah media yang dipergunakan oleh user untuk berinteraksi dengan orang lain melalui dunia maya dimana pun dia berada.

  • Floksonomies adalah sebuah metode untuk menciptakan dan mengatur tag yang menjelaskan dan mengategorikan content.

Web Security
Web Security adalah cara mengamankan aplikasi web yg dikelola, biasanya yang bertanggung jawab melakukannya adalah pengelola aplikasi web tersebut.

Semantic Web Summary
Semantic Web adalah pengembangan dari World Wide Web di mana makna semantik dari informasi di web didefinisikan, sehingga memungkinkan mesin untuk memprosesnya. Web Semantik menggunakan XML, RDF, RDF dan OWL.
  • XML (Extensible Markup Language) adalah bahasa markup untuk membuat dokumen markup bagi keperluan pertukaran data antar sistem yang beraneka ragam.

  • RDF (Resource Description Framework) adalah standar W3C untuk mendeskripsikan Web resources, seperti title, author, modification date, content, dan copyright information dari Web page.

  • OWL (Web Ontology Language) adalah salah satu bentuk ontology yang memang dirancang dengan tujuan untuk digunakan oleh aplikasi yang perlu memproses isi informasi ketimbang menampilkan informasi untuk konsumsi manusia.

  • Microformats adalah salah satu cara menambahkan penandaan sederhana agar tiap data mudah terbaca oleh manusia seperti peristiwa, rincian kontak atau lokasi pada halaman web sehingga informasi di dalamnya dapat diekstraksi oleh perangkat lunak. 

  • Microdata adalah Spesifikasi HTML yang digunakan untuk sarang simentik pada konten di halaman web. Microdata membantu teknologi seperti mesin pencari dan web crawler lebih memahami informasi apa yang terkandung dalam halaman web.


Pengelolaan Web












Ada sejumlah organisasi atau lembaga yang memiliki pengaruh terhadap perkembangan internet serta menjadi guide atas perkembangan internet dan web, diantaranya adalah :

Institusi
  • World Wide Web Consortium (W3C) adalah organisasi standar internasional untuk World Wide Web (WWW atau W3). W3C saat ini bertangggungjawab terhadap perkembangan dari berbagai protokol dan standar yang terkait dengan Web.

  • Internet Engineering Task Force (IETF) merupakan badan yang bertanggung jawab terhadap masalah teknis dari perkembangan teknologi internet. IETF bertugas mengkaji berbagai teknologi terkait untuk kemudian distandarkan menjadi sebuah request for comment (RFC).

  • Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN) adalah organisasi nirlaba yang didirikan untuk bertanggung jawab dalam alokasi ruang alamat IP, pemberian parameter protokol, manajemen sistem nama domain, dan manajemen sistem root server yang sebelumnya dikerjakan oleh Pemerintah Amerika.

Pemerintahan
  • Hukum Privasi merupakan hak pemegang hak cipta yang membatasi penggandaan tidak sah atau suatu ciptaan yang hak tersebut terbatas dan secara privasi hanya pada suatu lingkup tertentu serta biasanya menitikberatkan pada kepentingan perseorangan.

  • Hukum Hak Cipta adalah hak eksklusif Pencipta atau Pemegang Hak Cipta untuk mengatur penggunaan hasil penuangan gagasan atau informasi tertentu. Pada dasarnya, hak cipta merupakan “hak untuk menyalin suatu ciptaan”.

Prinsip dan Serangan
  • Jaringan Kesetaraan (Netral) disebut juga netralitas jaringan secara garis besar menyatakan bahwa para pengguna internet harus mempunyai akses yang sama terhadap semua jenis informasi di internet, dan perusahaan-perusahaan yang menawarkan layanan internet tidak boleh memberikan prioritas kepada beberapa sumber-sumber atau tipe-tipe konten tertentu.

  • Sensor adalah pembatasan terhadap situs tertentu oleh pemerintah atau badan tertentu, agar tidak membahayakan penggunanya dengan cara pemblokiran DNS, servis dan port. Beberapa negara yang melakukan pembatasan ini adalah China, Saudi Arabia, Bahrain, Kuba, Jordan, Tunisia, Burma, Singapura, Uzbekistan, Yaman, Kuwait, Vietnam, Syria, Iran, Uni Emirat Arab, Australia, Swiss dan Jerman dan beberapa negara di Afrika.

Kasus pada Syrian Internet Army
The Syrian Electronic Army (SEA), atau juga dikenal sebagai Syrian Electronic Soldiers, adalah kumpulan hacker komputer yang mendukung pemerintah Presiden Suriah Bashar al-Assad. Menggunakan serangan denial of service, perusakan, dan metode lainnya. Targetnya adalah kelompok oposisi politik dan situs barat, termasuk organisasi berita dan kelompok hak asasi manusia. Tentara Elektronik Suriah adalah publik pertama, tentara maya di dunia Arab untuk secara terbuka melancarkan serangan cyber pada lawan-lawannya.


Web Content














Web Content adalah segala sesuatu yang dapat dilihat oleh pengunjung baik berupa gambar, tulisan, animasi, video, suara, tombol navigasi dan sebagainya.

Media dan standar
  • Media merupakan suatu wadah atau sarana dalam menyampaikan suatu informasi dari pengirim kepada penerima. Media adalah segala bentuk dan saluran yang dapat digunakan dalam suatu proses penyajian informasi dan web merupakan salah satunya.

  • Standar adalah ketentuan teknis tentang suatu kegiatan atau hasil kegiatan, yang dirumuskan dan disepakati bersama oleh pihak-pihak yang berkepentingan sebagai acuan baku bagi kegiatan dan transaksi yang mereka lakukan. Sama halnya seperti web, web juga mempunyai standar - standar tertentu yang menjadi acuan.

Bahasa dan keberagaman budaya
  • Bahasa
    Dalam sebuah web kita memerlukan sebuah bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman merupakan suatu teknik instruksi standar untuk memerintah komputer.
    1. HyperText Markup Language (HTML)
      HTML adalah sebuah bahasa markup yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web dan menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet.
    2. PHP Hypertext Preprocessor (PHP)
      PHP adalah bahasa scripting yang disisipkan ke dalam HTML halaman Web. 
    3. Active Server Pages (ASP)
      ASP merupakan salah satu bahasa pemograman web untuk menciptakan halaman web yang dinamis.
    4. Extensible Markup Language (XML)
      XML adalah bahasa markup serbaguna yang direkomendasikan W3C untuk mendeskripsikan berbagai macam data.
    5. Javascript
      Javascript adalah bahasa scripting yang handal yang berjalan pada sisi client.
    6. Cascading Style Sheets (CSS)
      CSS adalah suatu bahasa stylesheet yang digunakan untuk mengatur tampilan suatu dokumen yang ditulis dalam bahasa markup.

  • Keberagaman budaya
    Kemajuan IPTEK yang begitu pesat memiliki banyak sekali pengaruh bagi kebudayaan, baik itu positif ataupun negatif. Oleh karena itu, kita harus bisa membentengi diri dari arus negatif. Seperti :
    1. Kita harus sadar tentang pentingnya nilai - nilai budaya bagi kehidupan.
    2. Menjadikan nilai - nilai budaya sebagai pondasi dari norma kehidupan.
    3. Menjunjung tinggi nilai - nilai budaya.
    4. Memandang dan menggunakan teknologi dalam hal yang positif.

Model Generative dan Retorika
  • Model Generatif adalah model untuk menghasilkan data yang dapat diobservasi. Maksudnya adalah web yang kita buat harus memiliki content atau informasi berdasarkan fakta. Informasi tersebut bisa didapat dari buku, blog, atau sumber terpercaya lainya.

  • Model Retorika di web menyatakan bahwa web yang kita buat harus singkat, padat, jelas dan memiliki makna sehingga informasi yang disampaikan dapat ditangkap dengan jelas.

Web Annotations
  • Tagging adalah sebuah teknologi search engine untuk menyusun informasi berdasarkan kategori, popularitas dan kesukaannya, termasuk juga berita-berita terkini.

  • Metadata biasa didefinisikan sebagai informasi mengenai suatu data maksudnya mendeskripsikan isi, kualitas, kondisi, dan karakteristik lainnya mengenai suatu data yang ditulis dengan format standard.

  • Rich Snippets adalah data tambahan dari blog/postingan kamu yang akan ikut ditampilkan pada halaman mesin pencarian. Berbagai data yang bisa dimasukkan seperti rating, vote, author, tanggal, file audio, resep masakan, event, dan banyak yang lainnya.

Sumber : 
http://andrew-jonathan.blogspot.com
http://ichsanoctama.wordpress.com
http://rickymartyn800.blogspot.com
Iqbal Hamdani Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

No comments:

Post a Comment

Followers