Saturday, October 12, 2013

Tianhe-2, Superkomputer Tercepat 2013











Superkomputer adalah sebuah komputer di garis depan dalam kapasitas proses, terutama kecepatan perhitungannya. Biasanya Superkomputer digunakan untuk tugas penghitungan-intensif seperti ramalan cuaca, riset iklim, pemodelan molekul, simulasi fisik (seperti simulasi kapal terbang dalam terowongan angin, simulasi peledakan senjata nuklir, dan riset fusi nuklir) dan lain-lain. Militer dan agensi sains salah satu penggunaan utama superkomputer.

Tianhe – 2 merupakan salah satu contoh superkomputer, sekaligus menjadi superkomputer tercepat di dunia untuk saat ini.

Pembuatan Tianhe - 2 diprakarsai oleh pemerintah provinsi Guangdong , dan pemerintah kota Guangzhou. Tianhe - 2 dibangun oleh National University of Defense Technology (NUDT) bekerja sama dengan  perusahaan IT di Cina. Dan nanti-nya superkomputer ini akan digunakan untuk simulasi , analisis , dan aplikasi keamanan pemerintah.

Spesifikasi Tianhe – 2
Processor             :  Intel Xeon Ivy Bridge dan Xeon Phi
Kecepatan            : 33,86 PFlops ( sekitar 33.860.000 Giga Flops)
Ram                      : 1,4 Petabyte ( sekitar 1.400.000 Gigabyte )
Penyimpanan         : 12,4 Petabyte ( sekitar 12.400.000 Gigabyte )
Sistem Operasi      : Kylin Linux
Daya                     : 17,6 MegaWatt ( 24 MegaWatt dengan pendingin )

Pada processor Tianhe – 2 terdapat total 125 lemari untuk 16.000 node komputer, masing-masing berisi dua prosesor Intel Xeon Ivy Bridge dan tiga core Intel Xeon Phi untuk total 3.120.000 core. Masing-masing dari 16.000 node memiliki 88 Gigabyte memori yang dialokasikan ke prosesor Ivy Bridge dan 8 Gigabyte dengan prosesor Xeon Phi . Total CPU ditambah memori GPU 1,34 PIB.


Pada fase pengujian, kecepatan Tianhe - 2 menyentuh angka 54,9 Petaflops. Dengan konsumsi daya puncak untuk prosesor , memori , dan interkoneksi adalah 17,6 Megawatt sedangkan sistem pendingin eksternal akan mencapai 24 Megawatt. Oleh karena itu kompleks komputer ini membutuhkan ruang sebesar 720 meter. Sedangkan untuk Sistem Operasinya adalah Sistem Operasi Kylin Linux yang dikembangakan oleh pemerintah Cina.
Iqbal Hamdani Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

No comments:

Post a Comment

Followers