Monday, October 7, 2013

Internet ?











Interconnection Networking atau yang sering kita sebut dengan internet adalah hubungan antar komputer yang saling terhubung antara satu dengan yang lain di seluruh dunia, sehingga membentuk suatu jaringan yang sangat besar.

Sejarah dan Perkembangan Internet

Sejarah internet dimulai pada Agustus 1962 yang diciptakan oleh J.C.R Licklider dari MIT dengan nama Galastic Network. Pada Oktober 1962 beliau mengepalai program penelitian komputer di ARPA yang merupakan bagian dari Departemen Pertahanan AS.

Pada 1965 peneliti dari MIT bernama Larry Roberts dan Thomas Merill melakukan koneksi komputer TX-2 di MIT dengan komputer Q-32 di California menggunakan jalur telpon berkecepatan rendah untuk menciptakan jaringan berskala luas untuk pertama kalinya. Pada tahun 1966 Larry Roberts mengembangkan konsep jaringan komputer, Kemudian beliau merencanakan jaringan yang disebut ARPANET. Dan pada tahun 1971 protokol Telnet dan FTP berhasil dibangun.

Pada tahun 1972 Ray Tomliinson menulis program yang memungkinkan surat elektronik dikirimkan ke jaringan ARPNET. Pada tahun ini pula ARPANET menggunakan NCP untuk menstransfer data. Pada tahun yang sama ARPA beruah nama menjadi DARPA. Pada tahun 1982 DCA atau Defense Communication Agency dan DARPA membentuk protokol yang disebut TCP/IP untuk ARPANET. Selanjutnya, Departemen Pertahanan Amerika Serikat menyatakan TCP/IP sebagai sebuah standar. Saat itulah internet didefinisikan sebagai sekumpulan jaringan yang terhubung yang menggunakan TCP/IP sebagai protokol.

Pada tahun 1983 John Postel dan Paul Mockapetris dan Craig Partidge mengembangkan Domain Name System (DNS). Pada tahun 1984 DNS diperkenalkan di internet dengan menyebutkan nama-nama jenis domain seperti . gov, .mil,.org, .net dan .com. Pada tahun 1986 TCP/IP mulai tersedia pada workstaiton dan PC. Tahun ini pula National Science Foundation mendanai NSFNET sebagai tulang punggung internet berkapasitas 56 kbps. Pada tahun 1988 Internet Relay Chat disingkat IRC dibuat oleh Jarkko Oikarinen yang berguna untuk malakukan chatting secara online melalui komputer

Pada tahun 1990 Departemen Pertahanan Amerika membubarkan ARPANET. Saat itu jaringan tersebut berkembang dari 4 buah host menjadi 300.000 host. Pada tahun ini juga World Wide Web (WWW) diluncurkan oleh CERN di Jenewa, Swiss. Pada tahun 1991 tulang punggung NSFNET diperbaharui dengan kecepatan 44Mbps. Koneksi mencakup 100 negara dan melibatkan lebih dari 600.000 host dan kira-kira 5.000 jaringan. Pada tahun 1992 jumlah jaringan sudah melampaui 7.500 buah dan jumlah komputer yang terkoneksi sebanyak 1.000.000. Dan pada tahun ini pula perusahaan Delphi di Amerika Serikat mulai membuka layanan internet kepada para pelanggannya.


Berikut ini adalah beberapa dampak positif dan negatif dari Internet :

Dampak Positif
  •  Informasi dan pengetahuan yang tak terbatas.
  • Sebagai media pertukaran data.
  • Sebagai media komunikasi, hiburan dan bisnis.
  • Sebagai media untuk mencari informasi atau data.

Dampak Negatif
  • Pornografi.
  • Penipuan.
  • Perjudian.
  • Violence and Gore atau Kekejaman dan kesadisan.
  • Carding ( kejahatan menggunakan kartu kredit ).




Iqbal Hamdani Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

No comments:

Post a Comment

Followers