Thursday, January 29, 2015

Animasi Blender Tentang Pembelajaran



Tugas Softskill IV

Nama  : Muhammad Iqbal Hamdani
NPM   : 58412194
Kelas  : 3IA25


Disini saya akan memberikan langkah langkah untuk membuat animasi sederhana tentang pembelajaran menggunakan blender. Temanya adalah Magnet, yaitu apa yang terjadi jika kutub yang sama pada magnet berdekatan dan juga apa yang terjadi jika kutub yang berbeda berdekatan. 


  1. Pertama kita buat latar nya terlebih dahulu menggunakan Plane. Klik Add – Mesh – Plane. Untuk merubah ukuran dari kubus tersebut bisa dengan menekan tombol S (scale) lalu tekan X untuk sumbu X, Y untuk sumbu Y atau Z untuk sumbu Z.



  2. Selanjutnya kita akan menambahkan Cube, klik Add – Mesh – Cube, lalu rubah Volume kubus menggunakan Scale separti pada langkah sebelumnya.



  3. Setelah itu, untuk menambahkan warna pada kubus tersebut kita harus berpindah ke Edit Mode terlebih dahulu dan pilih Face Select agar kita mudah untuk memblok bagian kubusnya.




  4. Selanjutnya Tekan CTRL + R lalu klik kiri pada mouse dua kali, maka akan terlihat garis di tengah kubus.



  5. Setalah itu, blok bagian kubus sebelah kanan dengan cara tekan dan tahan tombol SHIFT lalu klik kanan pada mouse. Setelah itu pilih Material – Klik tanda plus (+) – New – pilih warna pada Diffuse – lalu klik Assign. Dan lalukan pada bagian kubus lainya.






  6. Selanjutnya kita akan menambahkan tulisan untuk menunjukan North atau South pada magnet. Pertama kita harus pindah ke Object Mode terlebih dahulu, lalu klik Add – Text. Untuk mengubah ukuran bisa menggunakan Scale, Sedangkan untuk merubah tulisan kita harus masuk ke Edit Mode terlebih dahulu.



  7. Selanjutnya kita membuat 3 buat magnet lagi menggunakan Duplicate. Caranya blok object yang ingin di Duplicate lalu klik Duplicate pada tab Tool, Group Edit.



  8. Terakhir kita membuat animasi. Pertama pada pastikan kita berada pada Frame 0, lalu tekan tombol i dan pilih Loc Root.



  9. Selanjutnya kita gerakan Frame tersebut, lalu baru kita gerakan Objectnya, dan terakhir baru kita Loc Root. Apabila sudah ter Loc Root maka akan terlihat garis warna kuning pada frame.




Untuk file blender nya bisa di download disini.








Iqbal Hamdani Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

No comments:

Post a Comment

Followers