Friday, June 21, 2013

Manusia dan Keindahan












Kata keindahan berasal dari kata indah, artinya bagus, permai, cantik, dan sebagainya. Benda yang mempunyai sifat indah ialah segala hasil seni, pemandangan alam, rumah, tatanan, warna dan sebagainya. Kawasan keindahan bagi manusia sangat luas, oleh karena itu keindahan dapat dikatakan bagian hidup dari manusia.

Sebenarnya apasih keindahan itu ?

Sebenarnya sulit bagi kita untuk menyatakan apakah keindahan itu. Keindahan itu suatu konsep abstrak yang tidak dapat dinikmati karena tidak jelas. Keindahan itu baru jelas jika telah dihubungkan dengan sutau yan berwujud atau suatu karya. Dengan kata lain keindahan itu dapat dinikmati jika dihubungkan dengan sebuah bentuk, seperti lukisan, pemandangan alam, film maupun nyayian.

Menurut cakupannya orang harus membedakan antara keindahan sebagai suatu kwalitas abstraks dan sebagai sebuah benda tertentu yang indah. Disamping itu terdapat pula perbedaan menurut luasnya pengertian, yakni :
  • Keindahan dalam arti luas. 
  • Keindahan dalam arti estetis murni. 
  • Keindahan dalam arti terbatas dalam hubungannya dengan penglihatan.
Hubungan keindahan dengan Nilai Estetik

Dalam rangka teori umum tentang nilai The Liang Gie menjelaskan bahwa pengertian keindahan dianggap sebagai salah satu jenis seperti hal nya nilai moral, nilai ekonomik, nilai pendidikan, dan sebagainya. Nilai yang berhubungan dengan segala sesuatu yang tercakup dalam pengertian keindahan disebut nilai estetik.

Hubungan Keindahan dengan Kontemplasi dan Ekstansi

Keindahan dapat dinikmati menurut selera seni dan selera biasa. Keindahahn yang didasarkan pada selera seni didukung oleh faktor kontemplasi dan ekstansi. Kontemplasi adalah dasar dalam diri manusia untuk menciptakan sesuatu yang indah. Enstansi adalah dasar dalam diri manusia untuk menyatakan, merasakan dan menikmati suatu yang indah. Apabila kedua dasar ini dihubungkan dengan bentuk di luar diri manusia, maka akan terjadi penilaian bahwa sesuatu itu indah. Sesuatu yang indah itu memikat atau menarik perhatianorang yang meliha dan mendengar. Bentuk di luar diri manusia itu berupa karya budaya yaitu karya seni lukis, seni suara, seni tari dan lain lain.

Apasih sebab manusia menciptakan keindahan ?

Keindahan itu pada dasar nya adalah alamiah. Alam ciptaan Tuhan. Ini berati bahwa keindahan itu ciptaan Tuhan. Alamiah artinya wajar, tidak belebihan tidak pula kurang. Kalau pelukis menulis wanita lebih cantik dari keadaanya sebenernya, justru tidak indah. Berikut ini beberapa tujuan seniman menciptakan seni.
  1. Tata nilai yang telah usang 
  2. Kemerosotan zaman 
  3. Penderitaan manusia 
  4. Keagungan Tuhan
Sumber : Buku IBD karangan Widyo Nugroho dan Achmad Muchji
Iqbal Hamdani Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

No comments:

Post a Comment

Followers