Saturday, June 22, 2013

Manusia dan Harapan















Setiap manusia mempunyai harapan. Manusia yang tanpa harapan, berate manusia itu mati dalam hidup. Orang yang meninggal seklipun mampunyai harapan, bisanya berupa pesan – pesan kepada ahli warisnya. Harapan tersebut tergantung pada pengetahuan, pengalaman, linkungan hidup, dan kemampuan masing – masing.

Berhasil atau tidaknya suatu harapan tergantung pada usaha orang yang mempunyai harapan. Harapan harus didasarkan kepercayaan, baik kepercayaan pada diri sendiri, maupun kepercayaan kepada Tuhan yang Maha Esa. Agar harapan terwujud, maka perlu usaha dengan sungguh sungguh. Manusia wajib selsu berdoa. Karena usaha dan doa meupakan sarana terkabulnya harapan.

Harapan berasal dari kata harap yang berarti keinginan supaya sesuatu terjadi. Sehingga harapan berarti sesuatu yang diinginkan dapat terjadi. Dengan demikian harapan menyangkut masa depan.

Apa sebab manusia mempunyai harapan ?

Ada dua hal yang mendorong orang hidup bergaul dengan manusia lain, yakni dorongan kodrat dan dorongan keturunan.

Dorongan Kodrat
Kodrat ialah sifat, kadaan, atau pembawaan alamiah yang sudah terjelma dalam diri manusia sejak manusia itu lahir. Misalkan menangis, bergembira, berpikir, berjalan, berkata, mempunyai keturunan dan sebainya. Setiap manusia mempunyai keahlian untuk itu semua.

Dorongan Kebutuhan Hidup
Sudah kodrat pula bahwa manusia mempunyai bermacam macam kebutuhan hidup. Kebutuhan hidup itu pada garis besarnya dapat dibedakan atas : kebutuhan jasmani dan kebutuhan rohani. Untuk memenuhi semua kebutuhan itu manusia bekerja sama dengan manusia lain. Hal ini disebakan, kemampuan manusia sangat terbatas, baik kemampuan fisik / jasmaniah maupun kemampuan berpikirnya.

Dengan adanya dorongan kodrat dan dorongan kebutuhan hidup itu maka manusia mempunyai harapan. Pada hakekatnya harapan itu adalah keinginan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Kepercayaan

Kepercayaan berasal dari kata percaya, artinya mengakui atau meyakini akan kebenaran. Kepercayaan adalah hal – hal yang berhubungan dengan pengakuan atau keyakinan akan kebenaran. Adapun ucapan yang sering kita dengar :
  • Ia tidak percaya pada diri sendiri 
  • Saya tidak percaya ia berbuat seperti itu 
  • Bagaimana juga kita bisa percaya kepada pemerintah 
Dengan contoh berbagai kalimat yang sering kita dengar dalam ucapan sehari – hari itu, maka jelaslah kepada kitam bahwa dasar kepercayaan itu adalah kebenaran.

Berbagai Kepercayaan dan Usaha Meningkatkanya

Dasar kepercayaan adalah kebenaran. Sumber kebenaran adalah manusia kepercayaan itu dapat dibedakan atas :
  1. Kepercayaan pada Diri Sendiri 
  2. Kepercayaan pada Orang lain 
  3. Kepercayaan pada Pemerintah 
  4. Kepercayaan pada Tuhan 
Berbagai usaha dilakukan manusia untuk meningkatkan rasa percaya kepada Tuhanya. Usaha itu bergantung kepada pribadi kondisi, situasi, dan lingkungan. Usaha itu antara lain :
  • Meningkatkan ketaqwaan kita dengan jalan meningkatkan ibadah 
  • Meningkatkanpengabdian kita kepada masyarakat 
  • Meningkatkan kecintaan kita kepada sesama manussia dengan jalan sudak menolong, dermawan, dan sebaginya 
  • Mengurani nafsu mengumpulkan harta yang berlebihan 
  • Menekan perasaan negatif seperti iri, dengki, fitnah dah sebagainya
Sumber : Buku IBD karangan Widyo Nugroho dan Achmad Muchji
Iqbal Hamdani Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

No comments:

Post a Comment

Followers