Monday, June 30, 2014

Web dan Perilaku Pengguna










Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) atau yang sering disebut dengan Human Computer Interaction (HCI) merupakan sebuah studi yang mempelajari tentang manusia, teknologi, dan bagaimana mereka saling berinteraksi.

  1. Perilaku Navigasi
    Ada dua tipe navigasi. Yang pertama adalah yang standar, yang memberikan overview dan peta penjelajahan situs. Yang kedua adalah navigasi versi advance, yaitu memberikan alat untuk menelusuri lewat cara yang lebih spesifik, seperti kategori, pengarang, produsen, range harga, dan lain lain.

  2. Perilaku Pencarian
    Fitur pencarian di dalam sebuah web yang telah di desain sedemikian rupa dengan batasan-batasan tertentu.

  3. Rekomendasi
    Merupakan layanan web yang merekomendasikan atau menyarankan beberapa saran kepada pengguna yang membutuhkan suatu informasi tertentu.

  4. Web Merefleksikan Perilaku Sosial
    Web pun dapat merefleksikan perilaku sosial masyarakatnya, contohnya seseorang yang sering mengakses situs belanja online akan mempunyai gaya hidup yang boros karena tergiur oleh harga yang lebih murah. 

  5. Web Mempengaruhi Perilaku Sosial
    Web sebagai salah satu bentuk teknologi dan informasi yang sangat populer di masyarakat menjadi salah satu pemicu yang mempengaruhi perilaku sosial masyarakat.

    Ada 2 dampak yang ditimbulkan yaitu :
Dampak Positif :
  • Lebih cepat dan mudah dalam meyelesaikan pekerjaan dalam hal ini berarti membantu pekerjaan manusia.
  • Dapat berkomunikasi dengan baik tidak peduli jarak dan waktu sehingga membuat manusia saling berinteraksi dengan mudah.
  • Mudah mencari informasi serta berbelanja online pun dapat dilakuka.
Dampak Negatif :
  • Munculnya banyak penipu yang memanfaatkan internet.
  • Munculnya pencurian/hack.
  • Munculnya banyak konyen-konten dewasa yang seharusnya tidak dilihat anak kecil dapat merusak mental.
  • Bahaya kesehatan akibat radiasi yang ditimbulkan oleh komputer itu sendiri.


Struktur web











  1. Link Structure
    Keuntungan struktur situs web yang dibuat dengan baik :
    • Dapat mengkomunikasikan pesan yang ingin disampaikan kepada pengunjung situs.
    • Pengguna situs web dapat dengan mudah memahami situs web.
    • Mudah untuk dikembangkan pada waktu yang akan datang, termasuk mengupdate suatu halaman situs jika diperlukan.
    • Dapat menurunkan biaya cost pengunjung situs.

  2. Small – World Network
    Small World Network adalah sebuah tipe grafik matematikal yang dari banyaknya simpul , namun tidak berhubungan dengan simpul yang lainnya (berbeda) , tetapi banyak nya simpul bisa menjangkau setiap simpul kecil lainnya.

  3. Social Network Sites
    Jejaring sosial adalah suatu struktur sosial yang dibentuk dari simpul-simpul (yang umumnya adalah individu atau organisasi) yang dijalin dengan satu atau lebih tipe relasi spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dan lalin – lain.

  4. Blogosphere
    Blogosphere adalah suatu interkoneksi antar blog yg tergabung dalam sebuah domain dan domain tersebut tergabung dalam Internet, Contohnya, Technorati, Top of Blogs, Blog Top Site termasuk juga dengan blog directory.


Analisis Web












  1. Parameter Pengukuran Web
    Merupakan salah satu teknik mengukur dan menguji suatu kinerja web adalah dengan mengukur pengalaman seseorang atau user experience pengunjung situs yang berinteraksi dengan halaman-halaman web yang berada di internet .

  2. Crawler
    Crawler adalah sebuah program/script otomatis yang memproses halaman web. Bermula pada point awal berupa sebuah link alamat website dan dibuka pada browser, lalu browser melakukan request dan men-download data dari web server melalui protokol HTTP.
    Contoh-nya : Teleport Pro, HTTrack, Googlebot, Yahoo!Slurp, YaCy.

  3. Search Engine
    Search engine berfungsi sebagai mesin pencari, mesin pencari ini akan menampilkan informasi berdasarkan permintaan dari user pencari konten, konten yang ditampilkan adalah konten yang memang sudah terindex dan tersimpan di database server search engine-nya itu sendiri.
    Contoh-nya : Yahoo!, Alltheweb, MSN, AskJeeves, Google, AltaVista, Lycos.

  4. Web Archive
    Web Archive adalah Sebuah file format terkompresi, didefinisikan oleh Java EE standar, untuk menyimpan semua sumber daya yang diperlukan untuk menginstal dan menjalankan aplikasi Web dalam satu file.


Ekonomi Web













Semua aspek kehidupan pada dewasa ini hampir semuanya menggunakan teknologi, termasuk pada aspek ekonomi. Segala aktifitas perekonomian kini telah banyak yang menggunakan fasilitas tekonolgi seperti halnya internet. Dengan bantuan internet, perekenomian terasa lebih mudah, jarak dan waktu bukanlah hal yang dapat membatasi lagi antara penjual dan pembeli.

  1. Iklan
    Iklan merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan barangan, perkhidmatan, peluang pekerjaan, inspirasi dan maklumat kepada yang ingin disampaikan.

  2. Pencarian
    Pencarian pada ekonomi web pada umunya adalah melalui penjualan online. Penjualan online adalah melakukan aktifitas penjualan dari mencari calon pembeli sampai menawarkan produk atau barang dengan memanfaatkan jaringan internet yang didukung dengan seperangkat alat elektronik sebagai penghubung dengan jaringan internet.

  3. Online Auctions
    Online auction adalah mekanisme pasar dimana penjual menawarkan produk dan pembeli melakukan penawaran secara berurutan secara kompetitif hingga harga terakhir dicapai. Online auction menerapkan konsep dynamic pricing, yaitu harga yang berubah berdasarkan pada hubungan penawaran dan permintaan pada waktu tertentu.


http://nothingbutinspire.wordpress.com/2014/06/08/web-dan-perilaku-penggunga-interaksi-manusia-dan-komputer-imk-dan-struktur-web/
http://nothingbutinspire.wordpress.com/2014/06/08/analisis-web-dan-ekonomi-web/
Iqbal Hamdani Web Developer

Morbi aliquam fringilla nisl. Pellentesque eleifend condimentum tellus, vel vulputate tortor malesuada sit amet. Aliquam vel vestibulum metus. Aenean ut mi aucto.

No comments:

Post a Comment

Followers